Thursday, March 27, 2008

Di muka bumi ini ada berbagai jenis mahluk hidup yang merupakan ciptaan Allah SWT . Ada yang disebut manusia , hewan ,tumbuh-tumbuhan dan mahluk lainya yang tentunya memiliki jenis yang berbeda –beda . Di antaranya adalah manusia yang memiliki dua jenis pria dan wanita. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Qur’an :

“ Hai segenap manusia !Takutlah olehmu kepada Tuhanmu yang Dia telah jadikan kamu dari nafs yang satu , dan Dia telah jadikan dari padanya akan jodohnya , dan dari padanya Dia kembangbiakkan banyak orang lelaki dan perempuan “. ( Surat An-Nisa ayat 1 )

“Wahai segenap manusia! Sesungguhnya Kami telah jadikan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan , dan kami telah jadikan kamu beberapa puak dan beberapa suku bangsa , agar supaya kamu saling berkenalan tahu mengetahui “ . ( Surat Al Hujurat ayat 13 )

Allah telah menciptakan manusia dengan kekuasaan-NYA dengan sempurna .Dan telah menciptakan manusia dengan jenis yang berbeda. Manusia yang diciptakan Allah SWT pada dasarnya ada dua jenis yaitu laki – laki dan wanita , yang masing –masing mempunyai perbedaan .Wanita yang disebut juga Perempuan , Puteri , Isteri , Ibu adalah sejenis mahluk dari bangsa manusia yang halus kulit nya , lemah sendi tulangnya dan agak berlainan bentuk serta susunan tubuhnya dengan bentuk dan susunan tubuh laki- laki .Dan ada satu hal lagi yang membedakan yaitu pada umumnya kaum wanita lebih halus dan lembut tutur katanya. Allah SWT menciptakan mahluknya berpasang – pasangan . Tak terkecuali wanita yang diciptakan untuk pasangan bagi kaum pria yang akan menyempurnakan kelangsungan hidup manusia dimuka bumi ini . Lelaki tidak akan tenang dan tentram hidupnya bila tidak berdampingan dengan wanita dan wanita juga sebaliknya.

Allah menjadikan wanita berbeda dengan kaum laki – laki baik dilihat dari bentuk tubuhnya , kekuatanya maupun hal lain yang membedakan diantara keduanya .Ada juga hadist yang menyebutkan bahwa :

“ Hendaklah kamu beri nasehat pada orang - orang perempuan itu dengan baik –baik , karena Sesungguhnya orang perempuan itu dijadiakan dari tulang rusuk lelaki ialah yang paling atas .... “ ( Hadist riwayat Imam Bukhari dan Muslim dr sh. Abi Hurairah r.a. ) .

Tentang hadist itu dan banyak hadist lain yang menyebutkan bahwa wanita dicipta dari tulang rusuk lelaki ,memang sah dan artinya menurut logat memang demikian , hanya kebanyakan orang yang mengartikanya yang kurang luas . Kalau diartikan secara mentah , tentu akan mendatangkan kekeliruan yang besar . Kita ambil contoh saja dalam mengartikan ayat berikut :

“ Manusia itu dijadikan dari tergopoh – gopoh “. ( Surat Al Anbiyaa ayat 37 )

Jika ayat ini diartikan begitu mentah dan secara harfiah saja atau dengan apa adanya susunan katanya , sudah barang tentu manusia tidak akan dapat menerimanya , karena fikiran mereka tidak mungkin menerima arti yang sedemikian itu . Dan sebenarnya ayat itu harus diartikan dengan cara majazy ( bukan hakiky ) , karena ayat itu mengandung arti kiasan / yang merupakan sindiran . Yaitu menyindir bahwa manusia itu bersifat tergopoh –gopoh , terburu – buru , tergesa - gesa . Jadi ayat itu sesungguhnya berarti , bahwa : Perangai atau watak manusia itu suka tergopoh –gopoh , tergesa – gesa yang seakan – akan perangai itu sudah dari asal mula kejadianya .

Dengan demikian arti hadist yang meyebutkan bahwa wanita tercipta dari tulang rusuk lelaki dapat diartikan juga bahwa : Mahluk bangsa manusia perempuan itu mempunyai peringai atau tabi’at suka bengkok / tidak lurus dan ganjil , menyalahi akan lelaki seperti halnya tukang rusuk

No comments: